Persiapan Pernikahan Bagi Pria

Upacara perkawinan adat pengantin Jawa sebenarnya bersumber dari tradisi keraton. Bersamaan dengan itu lahir pula seni tata rias pengantin dan model busana pengantin yang aneka ragam. Seiring perkembangan zaman, adat istiadat perkawinan tersebut, lambat laun bergerak keluar tembok keraton. Pada dasarnya banyak persamaan yang menyangkut upacara pernikahan adat jawa mengenai tata rias serta busana kebesaran yang dipakai keraton Yogyakarta, Surakarta dan mengkunegara.

Persiapan Pernikahan Bagi PriaPersiapan Pernikahan Bagi Pria

Persiapan Pernikahan Bagi Pria

Serah – Serahan Dan Lamaran
Tahapan lengkap pernikahan adat jawa yang pertama adalah Keluarga calon mempelai pria mendatangi (atau mengirim utusan) ke keluarga calon mempelai perempuan untuk melamar putri keluarga tersebut menjadi istri putra mereka. Biasanya keluarga dari calon mempelai perempuan yang mempunyai hak menentukan lebih banyak, karena merekalah yang biasanya menentukan jenis pernikahannya. Setelah dicapai kata sepakat oleh kedua belah pihak orang tua tentang perjodohan putra-putrinya, maka dilakukanlah ‘serah-serahan’ atau disebut juga ‘pasoj tukon’

pelajari lebih lanjut tentang harga hantaran pernikahan disini

Persiapan Pernikahan Bagi Pria

Persiapan Pernikahan Bagi Pria

Hiasan Pernikahan (Pasang Blektepe Atau Tarup) Tahapan lengkap pernikahan adat jawa yang kedua adalah, Sehari sebelum pernikahan, biasanya gerbang rumah pengantin perempuan akan dihiasi janur kuning sebagai Persiapan pernikahan yang terdiri dari berbagai macam tumbuhan dan daun-daunan:
– 2 pohon pisang dengan setandan pisang masak pada masing-masing pohon, melambangkan suami yang akan menjadi kepala rumah tangga yang baik.
– Tebu Wulung atau tebu merah, yang berarti keluarga yang mengutamakan pikiran sehat.
– Cengkir Gading atau buah kelapa muda, yang berarti pasangan suami istri akan saling mencintai dan saling menjagai dan merawat satu sama lain.
– Berbagai macam daun seperti daun beringin, daun mojo-koro, daun alang-alang, dadap serep, sebagai simbol kedua pengantin akan hidup aman dan keluarga mereka terlindung dari mara bahaya.

Persiapan Pernikahan Bagi Pria

Persiapan Pernikahan Bagi Pria

Tahapan lengkap pernikahan adat jawa yang ketiga adalah makna upacara siraman ini, secara simbolis merupakan Persiapan pernikahan dan pembersihan diri lahir batin kedua calon mempelai yang dilakukan dirumah masing-masing. Juga merupakan media permohonan doa restu dari para pinisepuh.