Fakta Menarik Seputar Daging Babi

Hampir semua bagian dari hewan babi bisa digunakan. Daging babi bisa dipotong atau diproses untuk dijadikan produk olahan, seperti ham dan bacon; Dan kulit babi, bisa dijadikan geletin.

Sebagian besar potongan daging babi segar lebih ramping sekarang, itu dikarenakan teknik rekayasa genetik yang digunakan sekarang ini. Daging babi panggang tanpa lemak hampir sama bergizinya dengan daging unggas tanpa kulit, dari kandungan lemak maupun kalori.

Banyak produk daging babi, seperti ham, sosis, dan bacon, mengandung lemak berlebih. Dua potong daging babi mengandung 6 g lemak dan 73 kalori. Bacon juga mengandung nitrat, yang dapat menyebabkan terbentuknya karsinogen.

Manfaatnya Untuk Kesehatan

Membantu membangun tulang dan otot. Daging babi menyediakan protein lengkap untuk membantu memelihara tulang dan otot yang kuat.

Membantu mengubah makanan menjadi energi. Daging babi merupakan sumber utama thiamin, vitamin B yang berperan penting dalam konversi karbohidrat menjadi energi bagi tubuh dan otak. Ini juga penting untuk fungsi jantung, otot, dan sistem saraf.

Bisa mencegah anemia. Sekitar setengah dari besi dalam daging babi adalah zat besi, jenis zat besi makanan yang paling mudah diserap dan dicerna.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Umumnya dikenal karena kemampuannya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, zinc dalam daging babi membantu membangun protein dan DNA, menyembuhkan luka, dan diperlukan juga untuk menjaga indra penciuman.   Resiko Untuk Kesehatan

Penyakit kardiovaskular. Lemak jenuh dalam lemak daging babi, seperti daging panggang rusuk, daging pisau, dan produk seperti ham, bacon, dan sosis, dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk kolesterol tinggi. Untuk diet sehat, pastikan memilih daging babi tanpa lemak.

Parasit. Jika Anda makan daging babi mentah atau yang dimasak tidak matang, Anda bisa terkena infeksi cacing pita. Masak daging babi pada suhu 140 F (60 C) atau lebih tinggi untuk menghindari infeksi cacing pita.

Tips Memakannya

  • Potongan kecil daging babi dapat disajika dengan tacos, itu lebih nikmat dari daging sapi atau ayam.·         Potong daging babi dengan bentuk dadu, dan setelah dimasak, aduk dalam salad.
  • Bungkus daging asap di sekitar aprikot kering yang telah dibasahi dengan jus jeruk.

Tips Membelinya

  • Daging babi segar harus halus dan berwarna merah muda, bukan abu-abu dan tidak lembab.
  • Carilah potongan daging babi, seperti daging babi tenderloin, yang rendah lemak jenuh.
  • Selalu periksa tanggal pada paket bacon, ham, dan sosis hampa vakum untuk memastikannya segar. Tanggal yang tertera mencerminkan tanggal penjualan terakhir.
  • Jika daging babi menjadi bagian dari makanan sarapan Anda, pilihlah bacon bukan sosis. Sepotong daging asap, dimasak dengan matang, memiliki kalori lebih sedikit daripada sosis. Pilihan terbaik Anda adalah sepotong daging sapi tanpa lemak dengan kulit dan lemak yang dipotong.

Tips Menyimpannya

  • Daging babi segar bisa bertahan hingga 3 hari di kulkas, namun perlu diingat bahwa pemotongan bisa membuat daging rusak lebih cepat.
  • Daging babi dimasak bisa disimpan di lemari es hingga 5 hari.
  • Daging panggang dan ham bisa dibekukan dan kemudian dipanaskan kembali dalam microwave.
  • Simpan irisan, daging yang dimasak, seperti ham, jauh dari daging mentah lainnya di kulkas.